BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Lembaga Amil Zakat > Hewan Yang Tidak Boleh Dikurbankan

Hewan Yang Tidak Boleh Dikurbankan

hewan yang dilarang dikurbankan

Hari raya kurban semakin dekat, banyak yang telah mempersiapkan hewan untuk dikurbankan. untuk hewan qurban ada syarat yang harus dipenuhi tidak sembarang hewan bisa dikurbankan.

Diantara syarat hewan kurban adalah kebersihan dari cacat. Tidak boleh mengurbankan binatang yang cacat (yang tampak dan mengurangi daging, apabila cacat tersebut hanya sedikit maka tidak apa-apa).

berikut hewan yang tidak boleh dikurbankan :

  1. Hewan yang sakit yang jelas penyakitnya.
  2. Hewan Buta sebelah mata yang jelas kebutaannya.
  3. Hewan pincang yang jelas kepincangannya.
  4. Hewan kurus yang tidak berotak. (hewan yang hilang otaknya karena terlalu kurus). Rasulullah SAW. bersabda : “ada empat yang tidak mencukupi di antara binatang-binatang kurban; binatang buta sebelah mata yang jelas kebutaanya, binatang sakit yang jelas penyakitnya, binatang pincang yang jelas kepincangannya, dan binatang kurus yang tidak berotak.” (HR. Tirmidzi)
  5. Hewan yang sebagian besar telinga atau tanduknya hilang.

Ditambahkan padanya : binatang yang gigi depannya tanggal, binatang yang buta dua mata, binatang yang sampul tanduknya pecah, binatang yang hanya berkeliling di padang rumput tanpa merumput, binatang yang banyak kurapnya.

Tidak apa–apa mengurbankan binatang yang bisu, binatang yang bunting, binatang yang diciptakan tanpa telinga, atau separuh telinga atau pantatnya hilang.

Sementara, pendapat yang benar menurut para ulamamazhab syafi’i adalah bahwa binatang yang pantat dan ambingnya terpotong tidak mencukupi karena hilangnya salah satu bagian yang bisa dimakan. begitu pula binatang yang terpotong ekornya. Asy-Syafi’i berkata, “kami tidak menghafal satu pun dari Nabi Saw. Tentang gigi”

Sumber buku fiqh sunnah sayyid sabiq jilid 2.

Rekening Donasi