BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > KONTROL GULA DARAH SAAT BERPUASA

KONTROL GULA DARAH SAAT BERPUASA

kontrol kadar gula

Gula darah cenderung menurun ketika berpuasa karena tubuh tidak mendapat asupan gula selama belasan jam. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tubuh memiliki cadangan gula alami atau glukosa yang tersimpan di hati.

Itu sebabnya, kita mendengar slogan: berbukalah dengan yang manis. Mengingat, tubuh memerlukan asupan gula setelah seharian berpuasa. Namun, bukan berarti setiap berbuka Anda boleh melahap kolak dan kawan-kawannya.

Berikut ini lima cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol kadar gula darah:

  1. Olahraga

Lakukanlah olahraga setidaknya 20 hingga 30 menit setiap hari. Waktu tersebut lebih sedikit dari jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berkumpul bersama teman. Bila Anda masih enggan untuk berolahraga, pilihlah jenis olahraga yang paling Anda gemari atau bisa juga memilih olahraga permainan seperti futsal, bulutangkis, atau basket.

  1. Konsumsi kayu manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan sensitifitas insulin. Ini artinya tubuh membutuhkan lebih sedikit hormon insulin, untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Maka Anda bisa menambahkan kayu manis ke dalam minuman atau makanan Anda.

  1. Hindari minuman bersoda

Minuman ringan bersoda mengandung gula yang sangat banyak. Bila selama ini Anda hanya memerhatikan kadar gula dalam makanan, mulai saat ini hitung juga gula yang Anda konsumsi dari minuman.

  1. Makan teratur

Makan dengan jam makan yang teratur, dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengontrol jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanlah dengan aturan tiga kali makan besar dan dua kali makan selingan. Saat mematuhinya, Anda tidak akan kalap dan makan dalam jumlah yang besar, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat.

  1. Periksa gula darah

Di setiap rumah, sebaiknya memiliki alat pengukur kadar gula darah. Periksalah kadar gula darah Anda secara berkala, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Dengan begitu, Anda dapat mewaspadai penyakit diabetes yang mungkin Anda alami.(fkr)

Rekening Donasi