BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Sebelum Covid-19 | SD Insan Madani Rutin Jaga Kebersihan

Sebelum Covid-19 | SD Insan Madani Rutin Jaga Kebersihan

Saat ini seluruh siswa di Kota Jambi di rumahkan, kegiatan belajar mengajar hanya di lakukan di rumah karena wabah virus covid-19 semakin meluas, kita semua dituntut untuk menjaga kebersihan diri.

Menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan di sekitar karena bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab kita semua.

Di sekolah dasar insan madani jambi seluruh siswa melakukan cleaning day. Kegiatan rutin ini mengajarkan siswa siswi untuk selalu menjaga kebersihan.

Menjaga kebesihan lingkungan sangatlah berguna karena dengan lingkungan yang bersih tercipta keidupan yang nyaman, sejuk dan sehat.

Dengan lingkungan yang bersih maka kita akan terhindar dari penyakit. Siswa lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dan mendorong semangat belajar.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan, mengajak siswa untuk hidup bersih agar terlihat asri dan nyaman.

Kebersihan lingkungan erat kaitanya dengan masalah kesehatan. Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat.

Kelalaian dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan awal dari mewabahnya berbagai penyakit.

Banyak wabah penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, sebagimana ajaran mulia yang menyetarakan membuang sampah dengan sedekah, “Watumithul adza minathariqi shadaqah” yang artinya Memungut duri/sampah dijalan termasuk sedekah.

Perintah membersihkan lingkungan, tempat tinggal dan tempat ibadah secara tersirat diperintahkan pada Nabi Ibrahim untuk selalu menjaga kebersihan Baitullah tempat beribadah, rumah Allah.

Hendaklah perintah ini di tauladani juga bagi segenap muslim dalam menjaga kebersihan lingkungan. (IN)