BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Tausiyah Faedah Kurban

Tausiyah Faedah Kurban

Kurban Insan Madani

Qurban atau kurban secara makna kata adalah hewan sembelihan. Kurban adalah salah satu ibadah dalam agama islam yang mana layak penyembelihan binatang ternak yang di lakukan sebagai wujud pengorbanan muslim. Ibadah qurban dilakukan pada bulan dzulhijah dalam penanggalan hijiriah, tepatnya pada 10 dzulhijjah.
Ibadah qurban diawali dalam sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail, yang kisahnya tertuang di dalam Al-qur’an surat Ash shaafaat: 102-107.
Manfaat qurban“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) membela bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata:“ Hai anakku benar aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu! ”Ia menjawab:“ Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar ”. Tatkala telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan diri atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, benar-benar kamu telah membenarkan mimpi itu sendiri Maka Kami memberi tanggapan kepada orang-orang yang melakukan kebaikan. Sesungguhnya ini benar-benar merupakan ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan mirip sembelihan yang besar. ”
Salah satu keutamaan kurban yaitu kurban sebagai pintu mendekatkan diri kepada Allah, dalam penjelasannya bahwa Sungguh ibadah qurban adalah salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana halnya ibadah shalat. Ia juga menjadi media taqwa seorang hamba. Sebagaimana firman Allah surat Al-Maidah ayat 27, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa”.

Berqurban juga menjadi bukti ketaqwaan seorang hamba.

Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman:

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS:Al Hajj:37)

Rekening Donasi