BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Tips Sehat Saat Musim Kemarau

Tips Sehat Saat Musim Kemarau

tips saat kemarau

Indonesia khususnya di Kota Jambi sudah memasuki musim kemarau, udara yang panas membuat beberapa wilayah di Kota Jambi mengalami kekeringan.

Saat kemarau biasanya masyarakat rentan terkena penyakit ISPA karena paparan debu dan asap. Berikut ini dr. Ledy Isnaeni memberikan beberapa tips agar tubuh kita tetap sehat disaat kemarau.

dr. Ledy merupakan dokter Klinik RST Insan Madani yang meberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dhuafa secara cuma-cuma.

“Agar tubuh kita tetap sehat, pola hidup yang kita lakukan tidak jauh berbeda, walau saat kemarau atau tidak, In Syaa Allah kalau kita lakukan pola hidup sehat, tubuh kita menjadi segar tidak rentan terhadap penyakit.” ucap dr. Ledy di awal pembicaraan, Berikut ini tips sehat dari beliau :

  • 1. Konsumsi Air minum secara rutin, yang dianjurkan biasanya 8 gelas dalam satu hari, itu di hari biasa. Saat kemarau ini kalau bisa ditambahkan lagi 4 gelas, jadi dalam satu hari 12 gelas air minum yang kita konsumsi agar tidak dehidrasi dalam beraktivitas.
  • 2. Kurangi makan makanan yang berminyak, seperti gorengan atau sambal dan perbanyak konsumsi buah buahan segar yang banyak mengandung vitamin seperti apel,melon dan jeruk.
  • 3. Selain buah buahan juga bisa mengkonsumsi vitamin c untuk menambah daya tahan tubuh.
  • 4. Untuk aktivitas olahraga sendiri yang biasanya mungkin berlari bisa diganti dengan berenang, sebisa mungkin kurangi olahraga berat yang bisa mengakibatkan dehidrasi di saat kemarau ini.
  • 5. Istirahat yang cukup, kurangi intensitas / aktivitas disiang hari saat matahari sedang sangat terik.
  • 6. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat beraktivitas diluar ruangan dan gunakan topi sebagai penghalang sinar matahari.

Semoga kita bisa menjalani aktivitas dengan sehat dan semangat disaat kemarau atau hujan, tentu tidak lupa juga berdoa dan bersyukur kepada Allah agar selalu memberikan kita kesehatan.

Rekening Donasi