BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Belajar Fisika Tidak Mesti Menyulitkan | SMA IMBS

Belajar Fisika Tidak Mesti Menyulitkan | SMA IMBS

Hadits “Kewajiban dan Keutamaan Menuntut Ilmu”
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ
Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Ilmu adalah kunci segala kebaikan. Ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkan pada kita. Tak sempurna keimanan dan tak sempurna pula amal kecuali dengan ilmu. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama-Nya disebarkan.

Kebutuhan pada ilmu lebih besar dibandingkan kebutuhan pada makanan dan minuman, sebab kelestarian urusan agama dan dunia bergantung pada ilmu. Imam Ahmad mengatakan, “Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap waktu.”

Mata pelajaran Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Namun, tidak demikian bagi para Santriwati Insan Madani beranggapan bahwa belajar fisika adalah sesuatu yang mengasyikkan.

“Sebenarnya fisika itu asyik kalau kita memahaminya. Soalnya kita tidak perlu menghafal banyak. Kita cuma cukup pahami saja rumusnya. Lalu jika sudah paham rumus, akan enak mengerjakan (soal), mau dikembangkan bagaimanapun soalnya,” tutur tutur salah satu anak SMA Insan Madani .

Hal yang sama mungkin serupa dengan ilmu yang satu ini fisika banyak yang beranggapan sulit, tetapi sesuatu yang sulit itu bukan berarti tidak bisa dilakukan atau dikerjakan.

Hal yang penting dalam menghadapi mata pelajaran yang dianggap sulit adalah berusaha untuk menyukainya. “Jangan takut duluan. Kalau kita berpikir bisa, maka kita akan bisa. ,”

Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, ”-where there is a will there is a way !” , juga terkenal di masyarakat kita pepatah “Dimana ada kemauan, pasti disitu ada Jalan “. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, yang penting ada kemauan dan ada kesungguhan serta gunakan logika serta ilmu pengetahuan sesuai kapasitas kita masing masing yang telah Allah Ta’ala karuniakan.

Semoga anak- anak kita bisa menggapai cita cita setinggi langit dengan kedermawanan hati donatur keren, Aamiin (NA)

Baca Juga : kegiatan pembiasaan siswa insan madani