BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Kapan sih Kita Istirahat ?

Kapan sih Kita Istirahat ?

kapan kita istirahat

Kapan Kita Istirahat?. Di dalam Al-Qur’an Allah Ta’ala berfirman:

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ

Artinya: “Dan beribadahlah engkau kepada Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (yakni kematian).” (QS. Al-Hijr: 99).

Ayat ini menunjukkan kepada kita bahwa setiap manusia yang hidup di dunia wajib beribadah hanya kepada Allah tanpa mengenal letih, bosan bahkan istirahat

Dalam Thabaqatul Hanabilah (1/293) Abul Husain Muhammad bin Muhammad meriwayatkan tentang seorang tamu dari negeri Khurasan yang berkunjung menemui Imam Ahmad bin Hanbal.

“Sengaja aku datang dari Khurasan untuk bertanya kepada Anda ; kapan seorang hamba bisa merasakan nikmatnya istirahat?” katanya. Imam Ahmad menjawab :

“ عِنْدَ أَوَّلِ قَدَمٍ يَضَعُهَا فِي الَجَّنةِ”

“Ketika pertama kali ia menapakkan kaki di surga”

Nabi Muhammad menjelaskan, “Hamba yang beriman, bisa beristirahat dari lelah dan persoalan dunia menuju rahmat Allah. Adapun hamba yang jahat, manusia, bumi, pohon dan hewan bisa istirahat darinya”
(HR Bukhari dan Muslim).

Hamba yang beriman barulah dapat merasakan istirahat setelah wafat. Ia telah terbebas dari penjara dunia. Ia lepas dari belenggu problematika kehidupan. Sepenuhnya ia dalam rahmat Allah. Selama masih hidup di dunia, tidak ada kamus istirahat

Namun, untuk menikmati hakikat istirahat, berjuanglah menjaga keimanan. Supaya sejak nafas terakhir kita hembuskan, sejak saat itulah kita bisa menikmati istirahat.

Jangan berpikir bahwa di dunia ini kita bisa benar-benar istirahat. Dengan tidur, dengan bertamasya, dengan menjalani hobi atau dengan apapun cara yang dipilih atau disukai.

Apalagi mengambil jalan sesat untuk mencari istirahat. Dengan minuman keras, dengan narkoba, dengan pergaulan bebas, atau cara-cara salah lainnya. Yakin saja bahwa mereka nantinya mustahil menemukan nikmatnya istirahat. Sebab, istirahat itu di surga. (LA)

Baca Juga : Sosialisasi Kesehatan Gigi