BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Memilih Hewan Qurban

Memilih Hewan Qurban

memilih hewan qurban

Hari raya qurban atau idul adha adalah salah satu hari besar umat islam, dalam hadis riwayat tirmidzi “tidak ada amalan yang diperbuat manusia pda hari raya qurban yang lebih dicintai allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan dating beserta tanduk tnduknya, bulu bulu, dan kuku kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berqurban.”

Untuk berqurban kita juga harus memilih hewan qurban yang sesuai, karena ada syarat-syarat dan hewan apa saja yang boleh untuk diqurban kan.

KURBAN INSAN MADANI

Yang pertama untuk memilih hewan kurban dari jenis hewannya.

Menurut cholil nafis yaitu ketua bidang dakwah majelis ulama Indonesia (MUI) tidak semua hewan termasuk dalam kategori hewan kurban.

Ketentuan mengenai hewan kurban telah difirmankan Allah SWT dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 28. Dalam ayat tersebut yang termasuk hewan qurban adalah bahimatul an’am yang oleh ulama tafsir di tafsirkan kepada unta, sapi, kambing, atau domba dan sejenisnya.

Yang kedua, untuk memilih hewan kurban dilihat dari umur hewan tesebut. Untuk unta diatas 5 tahun, sapi dan kambing diatas 2 tahun dan untuk domba diatas 1 tahun.

Selain itu dalam memilih kita juga harus melihat kondisi fisik hewan tersebut. Yaitu dalam kondisi tidak cacat seperti buta, pincang, dan tidak dikebiri

Dan yang terakhir dalam memilih, kita harus memilih hewan qurban yang sehat dan tidk sedang sakit.

Untuk itu para pequrban yang ingin berqurban di yayasan insan madani jambi juga dapat memilih sendiri hewan qurban yang ingin diqurbankan.

Sehingga dapat melaksanakan qurban dengan tenang. Dan ini merupakan salah satu pelayanan yang diberikan oleh insan madani jambi.