BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Mengenal Lipoma | Kesehatan Insan Madani

Mengenal Lipoma | Kesehatan Insan Madani

lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang paling sering muncul di antara kulit dan lapisan otot yang mendasarinya.

Jenis benjolan ini tumbuh secara lambat dan biasanya tidak berbahaya. Jarang sekali dapat menjadi kanker. Beberapa orang bahkan baiasanya memiliki lebih dari satu lipoma.

Lipoma biasanya hanya berada di bawah kulit dan mudah bergerak ketika diberikan tekanan. Lipoma umumnya terjadi pada leher, bahu, punggung, perut, lengan, dan paha.

Jenis penyakit ini tidak memerlukan pengobatan yang serius, tetapi jika mengganggu, menyakitkan, atau tumbuh lebih besar, maka operasi pengangkatan mungkin akan diperlukan.

Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma, yaitu: yang pertama faktor Keturunan, berusia 40-60 tahun. Dan faktor selanjutnya yaitu menderita penyakit tertentu, seperti penyakit madelung, sindrom cowden, sindrom gardner, atau adiposis dolorosa.

Apakah lipoma bisa sembuh tanpa operasi?. Penyakit ini dapat muncul pada bagian tubuh manapun dan umumnya tidak bersifat ganas. Tumor ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis tertentu. Jika tumor jinak jaringan lemak ini sudah mulai membesar dan menimbulkan rasa sakit, maka operasi pengangkatan tumor akan diperlukan.

Cara paling umum untuk mengobatinya adalah dengan mengangkatnya melalui bedah operasi, liposuction. Pilihan pengobatan lainnya adalah sedot lemak alias liposuction, suntikan steroid.

Menurut dr. Lia, dokter yang bertugas di Insan Madani “lipoma sering terjadi karena pola makan dan gaya hidup dan bisa juga karena faktor keturunan”.

Yang harus dilakukan adalah jika ada benjolan lunak di bawah jaringan kulit, sebaiknya jangan di urut atau dilakukan penekanan berlebih. Tindakan yang harus dilakukan adalah memeriksakan langsung ke fasilitas kesehatan untuk bisa ditangani oleh dokter dan agar bisa dilakukan tindakan selanjutnya.

Ketahui juga : perbedaan maag dan gerd