BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > siapakah manusia yang paling bahagia ?

siapakah manusia yang paling bahagia ?

siapa manusia paling bahagia

Setiap manusia di dunia pasti ingin menjadi makhluk yang berbahagia, baik di dunia terlebih di akhirat kelak. Namun terkadang banyak diantara mereka yang menafsirkan kemudian menerapkan dalam kehidupan di dunia berbeda beda, tapi rata rata kebanyakan bahwa untuk bahagia dunia harus dengan harta yang melimpah, tapi sebenarnya siapa manusia yang paling berbahagia itu?

Rasulullah SAW pernah berpesan pada kita bahwa sebaik-baik manusia adalah yang usianya panjang dan perbuatannya baik. Dan seburuk-buruknya mereka adalah yang usianya panjang dan buruk perbuatannya.

Manusia yang paling bahagia adalah manusia yang berhenti nafasnya namun tak berhenti pahalanya. Memperbanyak amal sholih yang terus mengalir apapun bentuknya sebagai bekal abadi diakhirat kelak.

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Allah Ta’ala, berfirman:

وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ  ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْأَاخِرَةَ لَهِىَ الْحَيَوَانُ  ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (QS. Al-‘Ankabut 29: Ayat 64)

Oleh karena itu, jangan sampai seseorang bercita-cita meraih kebahagiaan di dunia saja. Karena dunia itu bersifat sementara, akan hancur dan sangat hina di sisi Allah Ta’ala. Sesungguhnya Allah Ta’ala mencela orang-orang yang berdo’a dan memohon kepada-Nya hanya untuk mendapatkan kebaikan dunia.

Baca Juga : Zakat itu Ringan