BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Silaturahmi Guru RA Insan Madani ke Sekolah Lain

Silaturahmi Guru RA Insan Madani ke Sekolah Lain

silaturahmi ra insan madani

Kali ini kepala sekolah dan para guru Ra insan Madani mendapatkan kesempatan berkunjung ke TK Islam An-Nissa yang bertempat di daerah sungai gelam.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan juga ilmu, serta untuk mengetahui dan memperjelas bagaimana pengaruh terhadap kinerja guru dalam mengajar di sekolah yang dikunjungi. kegiatan ini ditemani langsung oleh kepala sekolah TK Islam An-Nissa yakni ibu Novita Sari S, Pd.AUD.

Pendidikan adalah suatu pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan untuk kearah perbaikan situasi pendidikan pada umunya dan untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar atau guru dan meningkatkan kualitas belajar pada khususnya agar dapat mencapai tujuan perencanaan pendidikan yang telah disepakati bersama.

Guru merupakan seorang pendidik profesional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan, mengevaluasi dan menilai peserta didiknya guna untuk mencapai tujuan pendidikan.

Hal itu menuntut guru harus mampu memahami dan menguasai dengan seksama tugas dan tanggung jawab. Dalam pembelajarannya, guru juga dituntut untuk memiliki mutu pengajaran yang baik.

Guru yang memiliki mutu yang baik sudah pasti dapat mengaplikasikan ilmunya dengan baik, kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data yang lengkap mengenai guru dalam hal bagaimana melakukakan pengelolaan pembelajaran, dan juga bagaimana guru melakukan pemecahan masalah dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam mengajar.

Dalam melakukan kegiatan ini yang diutamakan adalah mempelajari sifat dan kualitas cara belajar anak dan bagaimana cara guru membimbing peserta didik dalam belajar, secara spesifik mempunyai tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan umum adalah untuk mengembangkan kurikulum yang sedang berlangsung atau dilaksanakan dan untuk meningkatkan proses belajar mengajar disekolah. Dan tujuan khusus yaitu untuk memberikan bantuan kepada guru tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Dengan adanya kegiatan ini memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru. Kinerja guru dapat meningkat karena terdapat beberapa arahan, bimbingan dan saran yang bersifat membangun dan terarah.

Berdasarkan pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kunjungan sekolah oleh kepala sekolah dan guru dapat mempengaruhi kinerja seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran, kunjungan sekolah juga merupakan salah satu teknik yang bersifat individual yang secara langsung dilakukan dengan cara datang langsung ke sekolah dengan melihat,mengamati, mengobservasi cara guru mengajar dikelas.

Selanjutnya setelah hasil kunjungan oleh para guru RA Insan Madani tadi bisa dilakukan tindak lanjut apakah perlu diperbaiki cara mengajarnya atau perlu mendapatkan pembinaan langsung.

Baca Kembali : Kiat-kiat Meraih Prestasi