BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Al Fatihah dan Sebutannya

Al Fatihah dan Sebutannya

al fatihah dan sebutannya

Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat dalam Alquran. Surat ini berjumlah tujuh ayat dan termasuk surat Makkiyah.

Selain Al-Fatihah, surah ini juga memiliki sejumlah nama lain yang penting Anda ketahui. Setidaknya terdapat sebelas nama lain surah Al-Fatihah yang semuanya didasarkan pada penjelasan beberapa riwayat hadis. Berikut sembilan nama-nama ter

1. Fatihatul Kitab atau Ummul Kitab

Surat alfatihah disebut juga Fatihatul Kitab. Dengan surat ini bacaan dalam salat dimulai. Surat ini disebut pula Ummul Kitab menurut jumhur ulama.

Imam Bukhari dalam permulaan kitab Tafsir mengatakan bahwa surat ini dinamakan Ummul Kitab karena penulisan dalam mushaf dimulai dengannya dan permulaan bacaan dalam salat dimulai pula dengannya. Menurut pendapat lain, sesungguhnya surat ini dinamakan Ummul Kitab karena semua makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an merujuk kepada apa yang terkandung di dalamnya.

2. Ummul Qur’an

Di dalam sebuah hadis sahih pada Imam Turmuzi dan dinilai sahih olehnya, disebutkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

” الْحَمْدُ لِلَّهِ أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ “

Alhamdu lillahi rabbil ‘alamina adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab. Sab’ul masani. dan Al-Qur’anul ‘azim.

3. Al Hamdu

Dinamakan pula Alhamdu (الْحَمْدُ) ,karena berdasarkan sabda Nabi Saw. dari Tuhannya yang mengatakan:

” قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ، فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ: الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، قَالَ اللَّهُ: حَمِدَنِي عَبْدِي “

Aku bagikan salat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian. Apabila seorang hamba mengucapkan, “Alhamdu lilldhi rabbil ‘aalamiin” (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam), maka Allah berfirman, “Hamba-Ku telah memuji-Ku.” (Hadis)

4. Ash Sholat

Surat Al-Fatihah disebut pula Ash Sholat, karena ia merupakan syarat di dalam salat.

Dari ‘Ubadah bin Shamit bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, ”Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab.” Al-Jamaah meriwayatkannya dan lafal ini milik Al-Bukhari.

5. Asy Syifa

Surat Alfatihah dinamakan pula Syifa (الشِّفَاءُ) , seperti yang disebutkan di dalam riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa’id secara marfu, yaitu:

” فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سُمٍّ”

Fatihatul kitab (surat Al-Fatihah) merupakan obat penawar bagi segala jenis racun.

6. Ruqyah

Surat Al-Fatihah dikenal pula dengan nama Ruqyah (الرُّقْيَةُ), seperti yang disebutkan di dalam hadis Abu Sa’id yang sahih. yaitu di saat dia membacakannya untuk mengobati seorang lelaki sehat (yang tersengat kalajengking). Sesudah itu Rasulullah Saw. bersabda kepada Abu Sa’id (Al-Khudri):

” وَمَا يُدْرِيكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ؟ “

Siapakah yang memberi tahu kamu bahwa surat Al-Fatihah itu adalah ruqyah?

7. Asasul Qur’an

Asy-Sya-bi meriwayatkan sebuah asar melalui Ibnu Abbas, bahwa dia menamakannya (Al-Fatihah) Asasul Qur’an (fondasi Al-Qur’an). Ibnu Abbas mengatakan bahwa fondasi surat ini terletak pada bismillahir rahmanir rahim.

8. Al Waqiyah

Sufyan ibnu Uyaynah menamakannya Al-Waqiyah, karena surat Al-Fatihah sudah mencukupi tanpa selainnya, tetapi surat selainnya tidak dapat mencukupi bila tanpa surat Al-Fatihah, seperti yang disebutkan di dalam salah satu hadis berpredikat mursal di bawah ini:

” أُمُّ الْقُرْآنِ عِوَضٌ مِنْ غَيْرِهَا، وَلَيْسَ غَيْرُهَا عِوَضًا عَنْهَا “

Ummul Qur’an merupakan pengganti dari yang lainnya, sedangkan selainnya tidak dapat dijadikan sebagai penggantinya.

9. As Sab’ul masani

Penamaan surat Al-Fatihah dengan sebutan “As-Sab’ul masani” dinilai sah. Mereka mengatakan, dinamakan demikian karena surat ini dibaca berulang-ulang dalam salat, pada tiap-tiap rakaat.

Baca Juga : Mana bekal anda?