BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > AQIQAH MEMBERI MANFAAT

AQIQAH MEMBERI MANFAAT

Aqiqah adalah sebuah hukum dalam Islam yag kemudian menjadi sebuah tradisi bagi seluruh masyarakat muslim di Indonesia. Definisi Aqiqah adalah menyembelih hewan seperti domba/kambing setelah bayi dilahirkan dan mencukur rambutnya sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Hukum aqiqah adalah sunnah, dilaksanakan jika mampu, aqiqah adalah tanggung jawab orang tua.

Adapun manfaat aqiqah, pertama meneladani dan mengikuti  sunnah rasullullah SAW dengan cara mengikuti ajarannya dan akan mendapatkan pahala yang amat besar,  dan kedua mengingatkan kita agar selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT berikan, salah satunya mempererat tali silahturahmi antar sesama muslim dengan menyenangkan hati keluarga, anak, saudara, tetangga dan rekan dengan mengumpulkan atau mengundang mereka untuk makan bersama dan hal tersebut terdapat interaksi sosial yang akan menumbuhkan rasa kasih, saying dan cinta.

Aqiqah juga bisa dilakukan di Yayasan insan madani Jambi. pada tanggal 8 Januari 2023 pukul 06:30 sampai selesai ,insan madani jambi melakukan aqiqah dari donatur untuk meng-aqiqahkan anaknya, atas nama Mirel Octaviana Binti Retno wibowo. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan kambing yang disembelih akan di olah menjadi makanan yang akan di beri ke anak yatim dhuafa insan madani jambi. hal tersebut dapat memberi manfaat bagi anak yang di aqiqah dan orang tua yang mengaqiqahkan anaknya.