BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Mana Yang Lebih di Dahulukan, Qurban atau Aqiqah?

Mana Yang Lebih di Dahulukan, Qurban atau Aqiqah?

qurban dan aqiqah

Ada dua ibadah yang sama sama diperintahkan untuk menyembelih hewan, yakni ibadah qurban di hari raya idul adha dan aqiqah yang dilakukan ketika seorang anak baru dilahirkan sebagai wujud syukur kehadiran anggota keluarga baru.

Aqiqah adalah tanggung jawab orang tua terhadap anak, hukumnya sunnah muakad.

Bagi orang yang mampu, maka berqurban wajib hukumnya sesuai mazhab imam hanafi, adapun imam syafi’i, dan hambali dan maliki hukumnya sunnah muakad.

Apabila mendekati hari raya Idul Adha seperti sekarang ini, maka mendahulukan kurban adalah lebih baik daripada malaksanakan aqiqah.

Ada baiknya pula apabila menginginkan keduanya (kurban dan aqikah), mengikuti pendapat Imam Ramli yang membolehkan dua niat dalam menyembelih seekor hewan, yakni niat kurban dan aqikah sekaligus. Adapun referensi yang kami gunakan mengacu pada kitab Tausyikh karya Syekh Nawawi al-Bantani:

    قال ابن حجر لو أراد بالشاة الواحدة الأضحية والعقيقة لم يكف خلافا للعلامة الرملى حيث قال ولو نوى بالشاة المذبوحة الأضحية والعقيقة حصلا  

Artinya: Ibnu Hajar berkata bahwa seandainya ada seseorang menginginkan dengan satu kambing untuk kurban dan aqiqah, maka hal ini tidak cukup. Berbeda dengan al-‘Allamah Ar-Ramli yang mengatakan bahwa apabila seseorang berniat dengan satu kambing yang disembelih untuk kurban dan aqiqah, maka kedua-duanya dapat terealisasi.(NA)