BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Pentingnya Muroja’ah

Pentingnya Muroja’ah

muroja'ah itu penting

Muroja’ah adalah kegiatan mengulang kembali pelajaran, hafalan dan lain sebagainya. Dari segi bahasa, Muroja’ah ini berasal dari kata “rojaa yarji’u” dan “muroja’atan” yang artinya adalah kembali.

Muraja’ah sangat bermanfaat bagi siswa karena metode menghafal Al Qur’an dengan konsep mengulang ulang hafalan dan murojaah merupakan metode menghafal yang sangat mudah dan sangat efektif untuk bisa dimengerti dan diserap oleh santriwati.

Murajaah juga sangat bermanfaat karena problem yang sering terjadi dari seorang hafidzah adalah mempertahankan hafalannya, bukan mendapatkannya.

Maka dari itu Metode menghafal Qur’an dengan metode murajaah merupakan kunci sukses para hafidzah atau penghafal Qur’an untuk mempertahankan hafalannya.

Maka dari itu santriwati Insan Madani Jambi belajar untuk bisa menerapkan metode ini. Kegiatan muraja’ah ini biasa dilakukan mereka sehabis melaksanakan solat Magrib, isya dan subuh.

Karena di waktu ini juga merupakan waktu yang baik untuk mengulang hafalan atau murajaa’ah. Karena waktu ini juga bisa membuat apa yang telah di hafalkan dapat langsung di serap oleh para santriwati ini.

Muraja’ah ini dilakukan di beberapa lokasi yang ada di asrama meereka, dengan berkelompok ataupun individu, ada yang muraja’ah sendiri di kamar mereka ada yang muraja’ah berkelompok di depan asrama mereka.

Muraja’ah ini sangatlah penting bagi mereka yang penghafal Alqur’an karena dengan adanya kegiatan ini juga bisa membuat mereka bisa memperkuat hafalan mereka dan tetap terjaga. Semoga kegiatan ini dapat terus di lakukan dengan baik aamiin. 

Baca juga : Pentingnya memiliki amalan andalan