BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Perbanyak Sedekah Biar Hidup Lebih Berkah

Perbanyak Sedekah Biar Hidup Lebih Berkah

perbanyak sedekah

Sedekah adalah memberi secara sukarela (tanpa kepentingan apapun) harta atau bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Aturannya lebih bebas dibanding zakat atau infak. Sedekah bukanlah suatu kewajiban, tetapi adalah perbuatan baik.

Maka dari itu marilah kita perbanyak sedekah agar hidup kita menjadi berkah, tidak mesti dengan uang, sedekah bisa juga dengan barang, memberikan ilmu pengetahuan, dan meringakan beban orang lain. Semakin kita banyak bersedekah maka semakin berkah hidup kita. Karena Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda untuk hambaNya yang rajin bersedekah.

Pahala saat mengeluarkan sedekah dapat dibalas langsung oleh Allah SWT atau pada masa depan. Allah SWT pasti tidak pernah mengingkari janji-Nya karena sudah tertulis di dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 261.

Artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, di tiap-tiap tangkai ada seratus biji. Allah SWT melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya), lagi Maha Mengetahui” (Q.S. Al-Baqarah ayat 261).

Tidak hanya itu dengan bersedekah juga bisa menghapus dosa, menghidari diri dari siksa kubur, mendapatkan naungan pada hari akhir,memperoleh kelapangan hati dan Pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah.