BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Zakat Itu Ringan | Insan Madani

Zakat Itu Ringan | Insan Madani

zakat itu ringan

apa yang terlintas pertama kali ketika mendengar kata zakat ?, Mungkin masih ada bahkan banyak di antara kita yang akan menjawab jika zakat itu berat. Tetapi pada dasarnya zakat itu ringan bagi orang yang benar-benar bertakwa.

Ternyata zakat yang Allah perintahkan kepada Umat Islam melalui Rasulullah SAW, sebenarnya sangatlah mudah dan ringan, ini buktinya :

1.Persentase harta yang dikeluarkan untuk zakat sangatlah kecil, yakni hanya 2,5% sedangkan paling besar zakat Mal adalah 20% itupun hanya untuk kasus harta temuan .

2.Tidak semua harta benda dan hasil pertanian terkena zakat. Tidak semua biji-bijian/buah-buahan terkena zakat .

3.Harta dan hasil pertanian itu terkena kewajiban zakat bila telah mencapai nishab dan haul (untuk zakat tertentu).
Jika tidak memenuhi hal tsb maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya .

4.Zakat tidak dikeluarkan setiap hari, hanya pada saat tertentu bahkan untuk zakat fitrah hanya dikeluarkan setahun sekali pada saat bulan Ramadhan saja.

Bagi orang yang memiliki kecenderungan terhadap suatu amal, ia akan merasa ringan melakukannya bahkan menikmatinya. Meski ringan, ternyata itulah salah satu hal yang dapat memberatkan timbangan pahala kita. Mudah-mudahan dengan amalan unggulan itu, Allah ridha kepada kita, dan ridha Allahlah yang akan menyampaikan kita ke surga-Nya. Aamiin

Baca Juga : Manfaat Zakat Bagi Umat Islam