BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Ciptakan Lingkungan Sekolah Yang Bersih Dengan Clean Day

Ciptakan Lingkungan Sekolah Yang Bersih Dengan Clean Day

lingkungan bersih

Sehubungan dengan arahan dari Dinas Pendidikan Kota Jambi kepada satuan pendidikan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih.

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan indah.

Sikap Islam terhadap kebersihan sangat jelas dan di dalamnya terdapat ibadah kepada Allah SWT. Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain guru dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan asri tidak lepas dari peran orang tua, lembaga swadaya masyarakat mapupun pemerintah.

Pada dasarnya, menjaga kebersihan lingkungan sekolah amatlah penting. Untuk menjaga kebersihan, SMP Insan Madani Boarding School melaksanakan kegiatan Clean Day.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat 23 September 2022. Diikuti oleh seluruh siswa SMP Insan Madani Boarding School. Area yang dibersihkan adalah bagian asrama dan ruang sekolah.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, akan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tentram, dan menyenangkan.

Berikut cara yang dapat diterapkan kepada siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, yaitu: membuang sampah di tempat sampah, mengurangi penggunaan plastik, rutin melaksanakan operasi semut membersihkan sampah, menjaga kebersihan toilet, dan melakukan piket kelas.