BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Halal Bi Halal Ala RA Insan Madani

Halal Bi Halal Ala RA Insan Madani

halal bihalal ala RA

Setelah libur lebaran, banyak sekolah mengadakan acara halal bi halal pada hari pertama masuk sekolah. Biasanya para siswa diminta untuk membawa makanan ringan dari rumah.

Kepala sekolah dan para guru melakukan halal bi halal di halaman RA Insan madani bersama Seluruh Peserta Didik. Acara halal bi halal ini merupakan agenda hari pertama masuk sekolah, yang mana sempat libur pelaksanaan bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Halal bihalal ini menjadi ajang silahturahmi di bulan syawal yang penuh berkah, dan kegiatan ini sudah menjadi salah satu agenda rutin yang dilaksanakan.

Secara umum, halalbihalal dimaksudkan sebagai acara silaturrahmi yang dilaksanakan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan idul fitri dengan kegiatan inti saling bermaaf-maafan satu sama lain.

Tujuannya diadakan halalbihalal untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, melalui kegiatan halal bihalal juga dinilai dapat menjadi momentum penyempurna amal ibadah dibulan yang fitri.

Kita berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata.Halal bihalal dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama sesudah bulan puasa Ramadan dalam suasana Idulfitri pada bulan Syawal dengan tujuan sebagai media untuk saling bermaaafkan sesama muslim.

Sehingga bisa dipahami halal bihalal merupakan kegiatan yang dilakukan agar terbebas dari dosa dan kesalahan. Dengan kata lain, dari segi hukum halal bihalal dipahami sebagai salah satu usaha untuk mengubah sikap yang sebelumnya haram atau penuh dosa menjadi halal dan tidak lagi berdosa.