BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pelayanan > Kompetensi Guru | Insan Madani

Kompetensi Guru | Insan Madani

kompetensi guru

Pelatihan guru adalah pelatihan untuk tenaga pendidik profesional untuk meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan mengajar di ruang kelas. Pelatihan mencakup teknik merencanakan pengajaran serta cara untuk meningkatkan pembelajaran secara efektif.

Para guru diharapkan menguasai empat kompetensi, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara menyeluruh membentuk kompetensii standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi, dan profesionalisme.Peningkatan kompetensi guru diharapkan memberikan dampak pada peningkatan para lulusan.

 Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik. Keterampilannya berkaitan dengan hal-hal yang cukup teknis, dan akan berkaitan langsung dengan kinerja guru.

Empat kompetensi guru perlu dipahami dan dihayati bagi setiap guru maupun calon guru. Dengan penguasaan kompetensi pedagogis,kepribadian, sosial dan profesional maka guru dapat melakukan hal yang semestinya dilakukan guru yang tentunya sangat dibutuhkan oleh peserta didik.

Guru berupaya untuk terus update mengikuti perkembangan jaman sehingga cakrawala berpikirnya akan terbuka dan mendapatkan banyak informasi sehingga menambah wacana untuk melakukan suatu aktiftas pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Secara umum tujuan pelatihan guru adalah untuk penambahan pengetahuan, keterampilan, dan perbaikan sikap dari peserta pelatihan, arah tujuan pelatihan adalah pengembangan penampilan kerja invidu dan pengembangan karir seseorang.

Baca Juga : Silaturrahmi antara wali murid dan guru