BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Manfaat Reward Untuk Anak

Manfaat Reward Untuk Anak

rreward

Reward adalah suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan karena telah berperilaku baik, melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih, atau berhasil melaksanakan tugas yang diberikan sesuai target yang ditetapkan.

Penghargaan yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, menumbuhkan motivasi belajar, dan mengembangkan diri.

Secara praktis, penghargaan bermakna sebagai perbuatan menghargai atau menghormati. Reward juga bisa disebut sebagai ganjaran yang seperti hadiah.

Bentuk yang diberikan juga dapat bermacam-macam, seperti pujian, mainan, barang lain yang amat diinginkan oleh anak, jalan-jalan satu atau dua minggu sekali, bermain ke rumah teman dan bermain kelereng, bunga atau benda lain sebagai tanda keberhasilan.

Reward ini digunakan untuk melatih tahap-tahap awal ketika anak masih belum paham terhadap alasan melakukan sesuatu dan kesulitan dalam membiasakan diri.

Tujuan pemberian reward dalam belajar adalah bahwa seseorang akan menerima penghargaan setelah melakukan pembelajaran dengan baik dan akan melakukan pembelajaran sendiri di luar kelas.

Reward juga bisa dikatakan sebagai motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya serta membantu anak untuk mendorong perilaku yang baik dan kerja keras, membantu anak untuk memotivasi diri sendiri terutama anak yang tidak memiliki kecenderungan alami untuk berusaha dengan keras.

Tujuan dan manfaat reward adalah untuk menimbulkan perilaku positif yang dapat mengarahkan kepada kegiatan belajar yang baik, contohnya anak jadi memiliki motivasi untuk belajar sedangkan manfaat yang diperoleh dengan adanya pemberian reward seperti memengaruhi anak untuk berperilaku positif dan mengarah ke perubahan dalam hasil belajarnya.

Jenisnya pun ada bermacam-macam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anak. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberikan reward kepada anakmu.