BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Penyakit Campak

Penyakit Campak

Penyakit Campak

Penyakit campak merupakan   penyakit yang  menular dan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, terutama  pada anak-anak. Bahkan, penyakit  ini  bisa menginfeksi paru-paru dan otak, dan terkadang bisa mematikan.

Data Organisasi Kesehatan  Dunia (WHO)  menyebutkan, ada sekitar 110.000 kematian global terkait campak pada tahun 2017. Kebanyakan  dari mereka terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, menurut  laporan tersebut. Meski  begitu, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa, bila saat anak-anak belum pernah mengalaminya.

Tips Mengatasi Campak pada Anak

Penyakit campak merupakan infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh dan amat menular. Gejala penyakit ini biasanya mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Lantas, bagaimana caranya mengatasi campak pada anak? Sebenarnya prinsip penanganan penyakit ini dengan terapi suportif. Sebab, sistem imun secara alami akan melawan infeksi virus ini.

Berikut ini beberapa penanganan campak pada anak yang bisa ibu lakukan di rumah:

1. Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi.

2.  Perbanyak  istirahat dan  hindari sinar matahari selama mata masih sensitive  terhadap cahaya.

3. Konsumsi obat penurun demam dan  pereda nyeri seperti obat paracetamol.

4. Perhatikan  asupan  makanan, makan makanan bergizi seimbang. Makanan ini berperan penting untuk mengatasi campak pada bayi dan anak.

5. Jangan  takut mandi, hal ini dilakukan  untuk mengurangi gatal  karena  ruam. Gunakan sabun yang tak mengiritasi  kulitnya yang sedang bermasalah.

BACA JUGA : Penyakit Scabies Pada Kulit