BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Semangat Mengasah Bakat Anak

Semangat Mengasah Bakat Anak

Semangat Mengasah Bakat Anak

Jambi, 23/02/2022. Salah satu mengasah bakat anak yang bisa dimiliki seorang siswa adalah membuat sebuah karya berupa puisi. Puisi mempunyai susunan kata-kata kiasan yang indah dan sarat dengan makna. Makna puisi tidak hanya dapat disampaikan melalui kata-kata, namun juga dapat diungkapkan secara lisan.

Seringkali guru mengalami hambatan dalam menyelesaikan materi yang berkaitan dengan pembacaan puisi. Hal ini disebabkan minat untuk membaca puisi peserta didik sangat rendah bahkan sebagian besar peserta didik tidak bersedia untuk melakukan gerakan puisi di depan kelas. Banyak peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat untuk membaca puisi, takut ditertawakan teman, dan belum lagi kesulitan dalam mengekspresikannya.

Di sekolah Dasar Insan Madani Jambi melakukan kegiatan dimana terdapat jadwal khusus dihari sabtu setiap pekan untuk mengumpulkan peserta didik yang memiliki bakat pilihan agar bakat yang dimiliki peserta didik dapat lebih menonjol. Tujuannya agar lebih percaya diri dengan bakat yang mereka miliki. Guru menjadi fasilitator sekaligus membimbing peserta didik nya agar dapat lebih baik lagi. Salah satu bakat yang dimiliki peserta didik yaitu dengan membaca puisi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar peserta didik dapat membaca puisi dengan baik adalah diawali guru sebagai model pembelajaran di kelas dengan memberikan contoh untuk membaca puisi. Kemudian guru mengajak peserta didik untuk membaca puisi menggunakan penekanan intonasi, meniru gerakan, serta mendalami isi puisi sehingga seakan-akan mengalami kisah yang diceritakan pada puisi tersebut.

Dengan memberikan contoh tersebut setidaknya peserta didik mulai berani menampilkan bakat yang dimilikinya dan memiliki ketertarikan untuk mengasah bakat agar lebih baik.

Baca Juga : Es Krim Karya Siswa RA Insan Madani