BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Menjaga Mental Siswa Usia Dini Ditengah Covid-19

Menjaga Mental Siswa Usia Dini Ditengah Covid-19

menjaga mental anak

Seiring dengan bejalannya waktu, banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan mental. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus diajarkan kesehatan bagaimana menjaga kesehatan mentalnya sendiri.

Peran orang tua dan guru serta orang-orang terdekat anak sangat dibutuhkan agar kesehatan mental tetap terjaga. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental beraneka ragam.

Pada masa anak-anak pertumbuhan yang sehat tidak hanya di tandai dengan perubahan fisik yang baik namun juga disertai dengan perkembangan mental.

Kesehatan meental anak tidak hanya diartikan sebagai kondisi mentaal anak yang tidak mengalami penyakit mentaal, namun juga mencakup kemampuan berfikir secara jernih.

                Mengendalikan emosi dan bersosialisasi  dengan anak seusianya yang memiliki karakter yang positif dan dapat beradaptasi dengan keadaan. Untuk menjaga kesehatan mental pada anak usia dini ditengah wabah covid ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Di usia anak-anak, mereka belajar dengan meniru orang-orang di sekitarnya terutama orang tua, jika orang tua memiliki rasa cemas dan panic berlebihan anak-anak akan akan ikut merasakannya
  2. Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga
  3. Berikan anak asupan yang bergizi
  4. Jangan membiarkan anak terlalu berlebihan dalam menggunakan gawai serta awasi tayangan yang mereka tonton
  5. Dorong mereka untuk bermain, karena waktu bermain tidak hanya menyenangkan tetapi juga membantu anak-anak menjadi sehat secara fisik maupun mental
  6. Dalam memberikan informasi harus dilakukan dengan menyenangkan agar anak mudah memahami serta sesuaikan dengan kemampuan anak dalam memahami informasi yang diberikan
  7. Mengajak anak melakukan ibadah rutin
  8. Hindari anak dari berbagai macam omelan dan ancaman yang dapat mempengaruhi mental

Berikut tadi telah dijelaskan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mentall anak usia dini yang dapat dilakukan di tengah covid yang belum tentu kapan akan berakhir. (IH)