BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Penyuluhan Kesehatan di Kampung Rajawali

Penyuluhan Kesehatan di Kampung Rajawali

penyuluhan kesehatan di kota jambi

Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan masyarakat. Insan Madani selalu memperhatikan perbaikan kesehatan masyarakat duafa.

Berbagai macam pelayanan kesehatan yang telah di berikan Insan Madani kepada masyarakat duafa. Mulai dari Klinik, Kesehatan Keliling, Home Visit, Rujukan Spesialis, Hingga Bantuan Pengobatan dan Penyuluhan semua diberikan secara gratis.

Yang baru dikerjakan adalah penyuluhan kesehatan untuk masyarakat  duafa di kampung rajawali Kota Jambi. Penyuluhan kesehatan yang diberikan kali ini tentang Scabies dan Dermatitis.

Skabies merupakan infeksi kulit akibat kutu / tungau yang bernama sarcoptes scabiei. Kutu ini sangat menyukai tempat yang lembab dan memakan jaringan kulit mati manusia yang rontok dan menempel pada kain seperti tirai, sprei, kasur, bed cover, selimut, baju dll.

Serangan kutu ini biasanya mengenai 1 orang dan kemudian menginfeksi orang lain yang tinggal sekamar / serumah dengan penderita. Karena metode penularan dari penyakit ini adalah kontak langsung dengan kulit penderita jadi biasanya diagnosa skabies sangat mudah diketahui karena biasanya bisa menyerang 1 keluarga yang tinggal serumah.

Gejala dari skabies adalah :

  • Rasa gatal yang sangat dan terutama memburuk saat malam hari.
  • Timbulnya terowongan kecil dengan benjolan kecil di ujungnya pada kulit.
  • Menyerang sela jari kaki, sela jari tangan , bokong, sekitar organ intim, punggung dll
  • Jika digaruk akan mengeluarkan cairan bening yang bisa menyebarkan rasa gatal pada tempat lain.
  • biasa menyerang 1 keluarga.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit, ditandai dengan ruam gatal kemerahan, yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita.

Dermatitis kontak merupakan bagian dari eksim atau eksema, di mana kulit bisa menjadi memerah, kering dan pecah-pecah. Dermatitis kontak bisa terjadi pada kulit di bagian tubuh mana pun, tapi umumnya dermatitis kontak menyerang kulit tangan dan wajah.

Penyuluhan langsung diberikan oleh dokter klinik pratama Insan Madani, hal ini untuk mewujudkan kawasan rajawali menjadi kawasan sehat Insan Madani. Tidak mudah dalam membuat perubahan dalam masyarakat khususnya dalam kesehatan. Hal ini tidak akan menjadi penghalang Tim Kesehatan Insan Madani untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga : JADIKAN KAWASAN SEHAT RAJAWALI KOTA JAMBI

Rekening Donasi