BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Lembaga Amil Zakat > Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua

berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua merupakan ibadah mulia dan bertabur pahala. Allah SWT memerintahkan kepada para hamba-Nya untuk berbakti kepada kedua orang tua setelah perintah beribadah kepada Alloh SWT dan tidak menyekutukan-Nya.

Hal ini menunjukkan bahwa berbakti kepada orang tua merupakan ibadah yang istimewa dan memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. 

Hukumnya wajib, baik ketika masih kecil, remaja, atau sudah menikah.

Di antara keutamaan berbakti kepada orang tua, di antaranya adalah:

1.  Surga disediakan untuk orang yang berbakti kepada orang tua.

2.  Merupakan penebus dosa-dosa besar.

3.  Merupakan sarana menghilangkan bencana dan kesempitan.

4.  Berbakti kepada orang tua menjadikan pelakunya memiliki doa mustajab.

Di antara cara berbakti terhadap orang tua yaitu:

1.  Memperbanyak doa dan memohon ampun untuk keduanya, baik semasa hidupnya, terlebih ketika keduanya sudah meninggal dunia.

2.  Membuat hati kedua orang tua gembira dan bahagia. Seperti; berprestasi di sekolah, memiliki akhlak baik terhadap guru dan teman di sekolah, bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, dan lain-lain.

3.  Menghormati dan memuliakan keduanya.

4.  Membantu memenuhi kebutuhan keduanya baik dengan tenaga maupun harta.

5.  Senantiasa menjaga nama baik kedua orang tua.

6.  Meminta izin kepada kedua orang tua atau salah satu dari keduanya ketika seorang anak hendak luar rumah agar mereka tidak resah dan gelisah.

7.  Berlemah lembut dan penuh etika ketika berbicara kepada keduanya.

8.  Mendengar dengan baik dan menatap wajah keduanya dengan ramah ketika berbicara, tidak memotong ucapan keduanya atau pun membantahnya.  

9.  Merasa senang melaksanakan perintahnya, menghindari sikap kesal, dan menghindari ucapan yang menyakitkan hati orang tua, seperti ucapan, Gak mau!!, Hah!!, dan semisalnya.

10.  Segera menyambut panggilan keduanya, baik ketika sedang sibuk ataupun tidak.

11.  Senantiasa ceria dan penuh sambutan bila menjumpai keduanya, tidak berbuat sebaliknya seperti cemberut dan mengerutkan kening.

Berbaktilah kepada orang tua ketika hidupnya dan setelah wafatnya dengan semaksimal mungkin, sebab durhaka kepada orang tua akan menyebabkan hidup seseorang sengsara di dunia dan celaka di akhirat.