|

CINTA TANAH AIR

Setiap hari Senin, seluruh siswa dan staf Guru dari SMP dan SMA Insan Madani Boarding School Jambi menghadiri upacara bendera di lapangan sekolah. Upacara bendera merupakan momen penting dalam menumbuhkan dan memperkuat cinta tanah air di kalangan peserta didik dan seluruh anggota sekolah.

Dalam upacara tersebut, peserta didik dan staf Guru berkumpul bersama untuk menghormati dan menghargai lambang negara, yaitu bendera negara, sebagai simbol persatuan dan kesatuan. Upacara ini dianggap wajib dilaksanakan di setiap sekolah sebagai bentuk pembiasan cinta dan kesetiaan terhadap tanah air.

Upacara bendera dimulai dengan pengibaran bendera merah putih sambil menyanyikan lagu kebangsaan. Setelah bendera berkibar, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila sebagai dasar negara dan sumpah pemuda sebagai semangat perjuangan generasi muda untuk mencapai kemerdekaan.

Melalui upacara bendera ini, diharapkan para siswa dan staf Guru dapat memahami pentingnya rasa cinta tanah air, menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab serta berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa.

Upacara bendera bukan hanya sekadar rutinitas formal, tetapi juga sebagai momen yang mempersatukan seluruh anggota sekolah dalam semangat kebersamaan dan persatuan, serta mengingatkan akan pentingnya menjaga keutuhan negara dan keberagaman budaya yang ada di dalamnya. (Mn)

Similar Posts