HALAL BIHALAL YAYASAN INSAN MADANI

Halal bihalal merupakan suatu tradisi yang telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat muslim Indonesia. Halal bihalal dapat diartikan sebagai maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan yang biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang. adapun tujuan Halal Bihalal yayasan Insan madani salah satunya yaitu Untuk memperbaiki hubungan dengan Allah selama bulan Ramadhan.

Sabtu, 13 Mei 2023, yayasan sosial kemanusian dan amil zakat Insan Madani menggelar acara halal bihalal di Kampung Rajo, Kota Jambi.  Acara ini dimulai pada pukul 09.00, dihadiri oleh direktur eksekutif yayasan Insan Madani Ibu Fuji Lestari,S.E, Pembina yayasan ustadz Hernowo dan  ustadz Henri Masyhur, pengawas yayasan ustadz Suhendri, para relawan serta seluruh pegiat sosial Insan Madani. Kegiatan halal bihalal diawali  dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ustadz Ahmad Relinopan, kata sambutan dari direktur eksekutif dan ketua Pembina Yayasan Insan Madani.

Kegiatan halal bihalal ini bertemakan “Luaskan Hati Saling Memaafkan”. Dalam tausiyahnya ustadz Henri Masyhur menyampaikan bahwa yang membedakan hari raya Idul fitri dengan hari raya lainnya adalah adanya saling maaf-memaafkan. Oleh karena itu beliau mengajak seluruh pegiat sosial Insan Madani untuk melapangkan hati, saling memaafkan salah dan khilaf yang pernah dilakukan.

Selain tausiah, acara halal bihalal Yayasan Insan Madani juga diisi dengan kegiatan memanah, yang dipandu oleh bapak Taufik Amran.  Para pegiat  antusias sekali mengikuti latihan memanah ini. Pada acara ini juga diberikan penghargaan terhadap pegiat terbaik dan berprestasi yayasan Insan Madani diantaranya Ibu Tanti Indayani, ibu Yunita, ibu Mirda dan ibu Siti Nurrohma. Juga diberikan reward terhadap tim media terbaik.

 Kegiatan halal bihalal diakhiri  dengan acara makan bersama,    tukar kado terbaik antar sesama pegiat dan saling maaf-memafkan.  Diharapkan melalui kegiatan halal bihalal ini dapat menguatkan tali silaturahmi karena dengan silaturahmi dapat mempererat hubungan antar sesama manusia yang seyogyanya adalah bersaudara.

.

Similar Posts