BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Banyak sholat sunnah yang dapat dilakukan umat muslim untuk mendapatkan pahala lebih. Sholat tahajud salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak manfaat. Dalam Al-Quran, melaksanakan sholat tahajud disebut dapat mendapat tempat yang terpuji di mata Allah SWT. Sholat tahajjud dilaksanakan setelah waktu isya sampai masuknya waktu subuh.

Namun, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud yaitu sepertiga malam terakhir. Pelaksanaan shollat tahajud pun tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Sholat tahajud dikerjakan dua rakaat salam dengan jumlah rakaat yang tak terbatas.

Ada banyak manfaat sholatt tahajud bagi umat muslim yang melaksanakannya.

1. Membuat tubuh lebih sehat dan dicegah dari perbuatan dosa. seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini. “Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR. Tirmidzi).

2. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah Swt. Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Isra bahwa manfaat sholat tahajudd dapat  meninggikan derajat manusia. Ia akan mendapatkan tempat terpuji dan senantiasa dilindungi oleh Allah Swt. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah juga dapat berarti keselamatan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

3. Mendapatkan ridha Allah Swt. Manfaat orang yang sholat tahajud akan mendapatkan ridha Allah Swt. sebagaimana tercantum dalam hadis berikut. “Tiga orang yang diridhai Allah Swt. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR. Abu Ya’la).

4. Dikabulkan doanya dan diampuni dosa-dosanya “Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Masuk surga dengan damai “Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian.” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim).

6. Diberi ketenteraman hati dan pikiran.

Manfaat ssholat tahajud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Sholat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah Swt., dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Baca Juga : Nikmatnya Bersedekah