BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Perkara di Hari Jum’at | Insan Madani

Perkara di Hari Jum’at | Insan Madani

perkara di hari jum'at

Meski tampak seperti hari biasa lainnya, hari jum’at Jumat justru menyimpan banyak rahasia mengenai kemuliaannya dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Keutamaan hari Jumat disebabkan karena adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah SWT.

Karena kemuliaannya, terdapat pahala yang berlipat dari Allah SWT bagi siapa saja yang mau mengerjakan kebaikan pada hari Jumat. Di samping mengerjakan ibadah wajib, umat Islam juga dapat menunaikan beberapa amalan yang disunnahkan pada saat hari Jumat tiba.

Untuk itu ada beberapa perkara yang perlu kita ketahui di hari jum’at.

  1. Mengantuk di Masjid pada Hari Jumat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mengantuk ketika berada di masjid pada hari jumat, maka hendaknya ia berpindah dari tempat duduknya kepada tempat yang lainnya.”

2. Hari Jum’at kepada Jumat Berikutnya Adalah Penebus Dosa

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Hari jum’at menuju Jum’at berikutnya merupakan penebus dosa yang dilakukan di antara keduanya selama ia tidak melakukan dosa besar.”

3. Membaca Surat Al-Kahfi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya sampai jum’at berikutnya.”

4. Memperbanyak Shalawat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari jumat dan malam jumat.

Karena barangsiapa bershalawat sekali saja kepadaku, maka Allah akan membalas shalawatnya sebanyak sepuluh kali.” (Lihat Ash-Shahihah no. 1407)

5. Waktu Mustajab

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya pada hari jumat ada satu waktu, tidaklah seorang muslim mencocoki waktu tersebut ketika ia berdo’a meminta kebaikan kepada Allah, melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim)

Baca Juga : cara allah mencintai hambanya