BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > SMA Insan Madani Boarding School Jambi ikuti Lomba Foto Tengkuluk

SMA Insan Madani Boarding School Jambi ikuti Lomba Foto Tengkuluk

lomba tengkuluk

Tengkuluk adalah kain penutup kepala kaum perempuan khas Jambi yang dikenakan secara tradisional. Keberadaan tengkuluk atau yang acap disebut takuluk atau kuluk ini sudah lama menjadi lambang kesahajaan perempuan di Jambi

Selain berfungsi sebagai salah satu pelengkap busana tradisional,  juga bisa digunakan dlm acara formal, pesta adat serta pelindung kepala saat di sawah.

Seiring bergulirnya waktu, fungsi tengkuluk tidak hanya sekedar penutup kepala saja, tetapi menjadi lebih kompleks, sebagai alat atau penunjuk agama dan status sosial. Hingga kini, tengkuluk masih tetap setia menjadi simbol kecantikan dan keluhuran budi wanita Melayu Jambi.

hingga saat sekarang tengkuluk dalam bentuk asli masih di pakai oleh orang-orang tua di dusun-dusun, yang mana penggunaannya yaitu dengan melilitkan kain di atas kepala sesuai dengan fungsinya, tanpa menggunakan peniti ataupun jarum.

Cerminan keluhuran budi terlihat pada saat wanita wanita jambi hendak keluar rumah mereka tetap akan menutup kepala mereka.Penutup kepala tradisional yang merupakan warisan leluhur itu hingga sekarang masih lestari.

Utuk itu pemerintah Provinsi Jambi mengadakan lomba yang diikuti oleh seluruh sekolah SMA yang ada diprovinsi Jambi yaitu lomba foto Tengkuluk dengan tema “ Promosi Tekuluk Jambi di Objek Wisata Provinsi Jambi” yang diikuti secara berkelompok sebanyak 5- 10 orang

Tidak mau ketinggalan, SMA Insan Madani Boarding School jambi juga ikut memeriahkan perlombaan tersebut guna mendapatkan pengalaman dan lebih dikenal lagi oleh sekolah-sekolah yang lain yang ada di Provinsi Jambi.

Semoga SMA Insan Madani Boarding School Jambi terpilih menjadi pemenang, Aamiin (NA)