BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Percepat Pemulihan Pembelajaran, Yayasan Insan Madani Jambi Gelar Pelatihan Guru

Percepat Pemulihan Pembelajaran, Yayasan Insan Madani Jambi Gelar Pelatihan Guru

pelatihan guru

Pada Sabtu, 27/08/2022, Insan Madani Jambi melakukan pelatihan profesi guru guna mengupdate ilmu tentang kurikulum merdeka.

Tidak dipungkiri bahwa peran pendidik amatlah penting bagi perkembangan peserta didik. Sebagai pendidik, kita harus mengetahui peran penting kita dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran yang kita lakukan.

Pada kesempatan kali ini, pemateri disampaikan langsung oleh Ibu Kesi Trisnawati, S.Pd. Beliau selaku tenaga pendidik di jenjang SMP IT Nurul Ilmi 2 jambi bersedia berbagi ilmu kepada seluruh tenaga pendidik di yayasan Insan Madani.

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya. Kurikulum merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi.

Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar tidak bisa diwujudkan melalui perubahan kurikulum saja, diperlukan berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan sistem evaluasi, serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. Kurikulum merdeka berfokus pada konten – konten yang esensial agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Maka dari itulah kemendikbudristek mengembangkan kurikulum merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami.

Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran lebih mengutamakan projek penguatan profil pelajar pancasila yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.