BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pelatihan Kurikulum Merdeka | SMP Insan Madani

Pelatihan Kurikulum Merdeka | SMP Insan Madani

kurikulum merdeka

SMP Insan Madani melaksanakan pelatihan tentang kurikulum merdeka, sebagai calon sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka SMP Insan Madani harus melakukan persiapan untuk menerapkannya.

Pelatihan ini diikuti seluruh guru SMP Insan Madani dan juga beberapa guru SMA Insan Madani Boarding School jambi.

Pelatihan di lakukan guna menyempurnakan pemahaman guru-guru tentang apa itu kurikulum merdeka, untuk pemateri SMP Insan Madani mengundang langsung dari LPMP.

Apa itu Kurikulum Merdeka? Nadiem mengatakan, inti dari konsep ini adalah Merdeka Belajar. Konsep ini dibuat agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing

Dilansir dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi murid.

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

1. Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila.

2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

3. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.