BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pembentukan Karakter siswa | SD Insan Madani

Pembentukan Karakter siswa | SD Insan Madani

pembiassaan pembentukan karakter siswa

Pendidikan karakter merupakan usaha yang terencana dan tertanam pada diri dalam rangka mengoptimalkan potensi peserta didik. Potensi tersebut termasuk di dalamnya adalah karakter manusia. Dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari di sekolah, penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan berbagai bentuk salah satunya pembiasaan.

Pembiasaan adalah bagian penting dari proses penanaman karakter pada peserta didik. Anak didik yang terbiasa melakukan pekerjaan secara mandiri dan berulang maka akan terbangun karakter kemandirian pada dirinya.

Salah satu contoh kegiatan yang telah diterapkan yaitu sholat dhuha di SD Insan Madani Jambi. Setiap hari peserta didik dibiasakan untuk menjalankan sholat dhuha.

Dengan adanya kegiatan ini siswa mendapatkan perbaikan iman dan akan terus dijalankan sampai akhir hayatnya. Tidak hanya kegiatan sholat dhuha nya saja, tetapi peserta didik belajar menghafal surah-surah pendek.

Banyak sekali keutamaan sholat dhuha bagi siapa saja yang mengerjakannya.

kekasihku (Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati ; puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan tidak tidur dalam keadaan sudah sholat witir.” (HR. Bukhari)

Selama ini, keutamaan sholat dhuha selalu dikaitkan dengan kemudahan seseorang muslim mendapatkan rezeki di dunia.

Namun, ternyata masih banyak lagi keutamaan sholat dhuha lainnya. Maka dari itu sekolah Dasar Insan Madani Jambi mengharapkan peserta didik nya dapat terbiasa melakukan kebaikan dunia untuk di akhirat.