BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pentingnya Workshop dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Pentingnya Workshop dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

pentingnya workshop bagi guru

Dalam ranah pendidikan selalu ada kegiatan workshop yang diadakan guna untuk meningkatkan kemampuan, skill, serta potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik maupun tiap individu.

Workshop dilakukan dalam seluruh jenjang pendidikan maupun non pendidikan. Kebanyakan topik dari workshop menyangkut dengan akademik, sedangkan yang tidak dalam ranah pendidikan biasanya dilaksanakan oleh sebuah organisasi maupun komunitas, seperti dekorasi, menulis, mapun fotografi.

Workshop itu sendiri adalah sebuah tempat kerja dalam melakukan pekerjaan dengan aturan yang jelas, sistematis, rinci sesuai dengan bidang pekerjaan. Work shop merupakan diskusi terkait subjek tertentu yang dilakukan oleh sekelompok orang dan membagikan pengetahuan maupun kiat-kiat serta pengalaman mereka, pengajaran maupun memberikan pelatihan kepada pesertayang hadir.

Workshop melakukan komunikasi dengan dua arah, ada materi baik itu teori maupun praktik, durasi waktu yang bisa memakan waktu sampai berhari-hari, jumlah peserta juga terbatas dan dapat berperan aktif.

Permasalahan-permasalahan yang dibahas ialah biasanya muncul dari permasalahan peserta. Cara dalam menuntaskan permasalahannya adalah dengan musyawarah dan berperan aktif (berpartisipasi). Keuntungan yang didapatkan ialah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari materi, meningkatkan kemampuan dan skill, menambah relasi, dapat dijadikan nilai tambah dalan CV, mempelajari hal baru dan sebagai ajang dalam mendalami tiap bidang yang di konsep.

Maka dari itu, pendidik di RA Insan Madani pada hari Senin, 29 November 2021 mengikuti workshop dalam  rangka menambah pengetahuan dan wawasan mengenai profesinya yaitu guru PAUD.

Apa saja ruang lingkup PAUD, kurikulumnya, proses pembelajarannya, kegiatan belajar mengajar yang kreatif yang dapat diketahui melalui pemateri dalam workshop, dan juga penambahan materi berupa file pdf yang dapat di cetak sebagai ilmu pengetahuan dan arsip maupun pegangan guru sebagai bekal dalam megembangkan inovasi pembelajaran.

Tujuan dari workshop itu sendiri dalam ranah pendidikan untuk membangun kompetesi guru ialah memberikan tambahan kualifikasi profesi pada pendidik karena pendidik bisa mengasah skill dan pengetahuan yang dimilikinya.

Workshop yang dilakukan pada saat itu juga dilakukan melalui susunan acara secara sistematis sehingga guru-guru memiliki gambaran yang jelas mengenai apa saja rangkaian acaranya. Meliputi sambutan pihak penyelenggara work shop, adanya pembukaan, acara inti, diskusi hingga penutup.