BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Lembaga Amil Zakat > Fundraising | Insan Madani

Fundraising | Insan Madani

fundraising

Fundraising atau yang sering dikenal dengan penggalangan dana adalah suatu upaya atau proses kegiatan dalam rangka menggalang atau menghimpun dana, baik berupa infak, sedekah, zakat, maupun sumber dana lainnya dari individu, kelompok, organisasi, perusahaan, dan pemerintah.

Meski terdengar sepele, tetapi ternyata tidak semua orang mau dan mampu menjadi fundraiser. Karena tidak semua orang tahan dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Tidak dipungkiri, bahwa masih ada anggapan bahwa fundraiser tak ada bedanya seperti peminta-minta sumbangan, yang menengadahkan tangan meminta bantuan.

Padahal itu berbeda. Memang, peminta sumbangan dan fundraiser sama-sama menghimpun uang dari donatur akan tetapi ada beberapa hal penting yang membedakan itu secara mendasar.

Pertama, fundraiser umumnya berada di bawah naungan lembaga amal resmi, baik milik pemerintah, perusahaan maupun lembaga filantropi berbasis masyarakat seperti Lembaga Amil Zakat Insan Madani Jambi dan lain-lain.

Kedua, memiliki dan melakukan penguatan program lembaga secara kontiniu demi mewujudkan kemanfaatan masyarakat.

Ketiga, memiliki kontrak kerja dan honor/gaji yang jelas sebagaimana profesi lainnya.

Ketiga hal di atas tentu saja tidak dimiliki para pencari sumbangan yang umumnya hanya untuk tujuan individu atau kelompok kecil, bersifat insidental untuk kegiatan/ acara tertentu saja dan tidak ada kontrak apalagi gaji pasti.

Selain itu, melakukan fundraising/penggalangan dana mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

1. Menghimpun dana

Ketika kamu ingin menggalang dana, kamu berharap mendapatkan sejumlah dana dari kegiatan yang kamu buat. Dengan melakukan hal tersebut, dana yang kamu cari dapat diperoleh.

2. Menghimpun donatur

Selain mendapatkan dana yang dibutuhkan, manfaat yang diperoleh adalah dapat menghimpun donatur. Jumlah donatur yang tergabung dalam lembaga yang kamu jalankan pun bertambah.

3. Mengajak untuk melakukan kebaikan

Pada dasarnya menggalang dana ditujukan untuk menghimpun dana untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hasil dana yang diperoleh dapat diberikan langsung kepada orangnya atau ke organisasi nirlaba sesuai dengan tujuan.

Dengan melakukan penggalangan dana, kamu mengajak banyak orang untuk peduli dan melakukan kebaikan kepada orang lain. Selain itu, kamu juga telah menolong banyak orang yang membutuhkan.

Baca Juga : Pelatihan SDM