BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Relawan | Insan Madani

Relawan | Insan Madani

relawan

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata relawan. Setiap ada bencana akan ada posko reelawan yang membantu, ada juga relawann yang mengumpulkan dana untuk kebencanaan, bahkan karyawan insan madani pun juga termasuk rellawan, ia relawan kemanusiaan. Sebenarnya apa arti dari kata relawan itu sendiri?

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, relawan sepadan dengan kata sukarelawan yang artinya adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan).

Berdasarkan pengertian itu, apakah setiap orang yang melakukan sesuatu secara sukarela disebut relawan? Pengertiannya tidak sesederhana itu. Mari kita persempit dan perjelas lagi.

Terdapat dua pengertian mengenai kata rellawan, yakni

A person who freely offers to take part in an enterprise or undertake a task.

A person who works for an organization without being paid.

Dalam kamus Merriam Webster, pengertian relawaan dibagi menjadi dua bagian, definisi sederhana dan lengkap. Definisi sederhana rellawan menurut kamus ini, hampir sama dengan dua kamus sebelumnya, tapi diperkaya dengan definisi sebagai orang yang bergabung dengan kemiliteran tanpa paksaan (kemungkinan semacam wajib militer).

A person who chooses to join the military

A person who does work without getting paid to do it

Dengan demikian, secara bahasa, relawan memang orang yang bekerja sukarela membantu dalam pelayanan atau organisasi tertentu tanpa menginginkan atau melibatkan uang sebagai imbalan atas kerjanya.

Jadi, dapat disimpulkan seseorang bisa disebut relawan jika:

Melakukan sesuatu hal dengan sukarela

Mengorbankan waktu dan tenaga

Aktivitas tersebut memberikan keuntungan positif bagi lingkungan atau organisasi yang dibantunya

Tidak atas dasar motivasi atau mengharapkan imbalan uang.