BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Sunnah Nabi tentang Cara Menjaga Kesehatan

Sunnah Nabi tentang Cara Menjaga Kesehatan

sunah nabi tentang kebiasaan sehat

Sunnah nabi yang bersumber dari Rasulullah SAW adalah segala perbuatan yang mendapat ganjaran pahala bagi umatnya yang menjalankan, namun tidak menjadi dosa apabila tidak menjalankannya.

Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya bahwa segala sesuatu yang dilakukan terdapat tata cara yang baik dan benar, yang akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Terkait dengan kesehatan, Rasulullah SAW telah memberikan sunnah kepada umatnya untuk bisa dijalankan karena bisa berdampak positif kepada kita.

terdapat enam sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW terkait terkait kebiasaan sehari-hari dan cara menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya:

1. Tidak Buang air besar dengan cara duduk

Buang air besar dengan cara duduk (kloset duduk) diketahui mempunyai risiko tinggi terkena penyakit wasir atau ambeien.

Cara yang dianjurkan adalah buang air besar dengan cara jongkok, karena jauh lebih bersih dan menyehatkan serta yang terpenting itu adalah sunnah

2. Tidak Kencing dengan cara berdiri

Hal tersebut bisa mengakibatkan terkena penyakit prostat dan batu ginjal. Kencing dengan cara jongkok adalah cara yang lebih baik dilakukan.

3. Makan dengan tangan (tanpa sendok)

Makan dengan tangan ternyata lebih baik daripada kita memakai sendok atau yang berbahan besi, kayu ataupun plastik.

Hal ini dikarenakan enzim di tangan akan membantu makanan lebih mudah dicerna dibandingkan memakai alat bantu, karena makan dengan tangan jauh lebih bersih dan merupakan fitrah.

4. Tidak Makan dan minum berdiri

Rasulullah SAW mengajarkan untuk makan dan minum dengan cara duduk, karena jika makan dan minum sambil berdiri akan dapat mengganggu percernaan.

5. Memakan buah-buahan sebelum makan

Cara yang lebih baik kita lakukan adalah memakan buah itu sebelum kita memakan nasi karena akan membantu melincikan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap.

6. Tidur menghadap ke kanan

Tidur dengan cara menghadap ke kanan akan lebih baik dan bisa meberikan kesehatan bagi tubuh kita oleh karenanya, Rasulullah SAW ketika tidur selalu dengan cara seperti itu. (NA)

ketahui ciri-ciri obat kadaluarsa