BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Hari yang Paling Baik Untuk Bersedekah

Hari yang Paling Baik Untuk Bersedekah

hari bersedekah

Bagi umat Muslim, hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling mulia. Bahkan bersedekah di hari Jumat diungkapkan ustaz Khalid Basalamah memiliki enam keutamaan ini.

yaitu, 1. Mendapatkan pahala yang berlipat 2. Memudahkan rezeki 3. Keistimewaan 4. Membawa keberkahan 5. Memperkuatkan keimanan dan 6. Memperkuatkan silaturahmi.

Sedekah bisa dilakukan tanpa batasan. Artinya sedekah bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Harta yang disedekahkan juga bisa berapapun sesuai kemampuan dan keikhlasan. Meskipun sedekah bisa dilakukan kapan saja, tetapi ada waktu yang mustajab, salah satunya di hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari raya bagi umat muslim. Banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan melakukan sedekah dihari Jumat.

Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat¬†pahala bersedekah dilipatgandakan’.” Di dalam literatur fiqih, anjuran bersedekah di hari Jumat sebagaimana waktu-waktu utama yang lain memiliki nilai keutamaan lebih besar dari pada waktu lainnya.

Hari Jumat termasuk waktu yang utama karena Jumat merupakan hari raya orang Islam sebagaimana disebutkan dalam hadits.   Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti anjuran untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut.

Namun yang dimaksud adalah di waktu-waktu tersebut memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seseorang dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat.