BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pembiasaan Pagi | RA Insan Madani

Pembiasaan Pagi | RA Insan Madani

tujuan pembiasaan

Pembiasaan pagi hari merupakan suatu metode atau cara yang sangat efektif diterapkan kepada siswa salah satunya berupa kegiatan terprogram yang bertujuan untuk membentuk karakter positif.

Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Pembiasaan ini meliputi aspek perkembangan moral, nilai-nilai agama, akhlak, pengembangan sosial emosional dan kemandirian.

Jadi tujuan dari pembiasaan adalah menanamkan sesuatu berupa perkataan maupun perbuatan yang mana bertujuan untuk membuat seseorang menjadi ingat dan terbiasa melakukan hal-hal baru sehingga hal-hal baru yang dipelajarinya menjadi terbiasa untuk dilakukan.

Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus di sekolah. Tujuannya untuk membiasakan siswa melakukan sesuatu dengan baik.

Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku relatif menetap dan sifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang ulang,baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi.

Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus di sekolah. Kegiatan rutin bertujuan membiasakan siswa melakukan sesuatu yang baik.

Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu tempat dan ruang. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan secara spontan terutama dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji lainnya

Kegiatan terprogram merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kalender atau jadwal yang telah ditetapkan sekolah.

Membiasakan kegiatan ini artinya membiasakan siswa dan personil sekolah aktif dalam melaksanakan kegiatan sekolah sesuai dengan kemampuan di bidang masing-masing.

Kegiatan keteladanan yaitu kegiatan dalam bentuk prilaku sehari-hari yang dapat dijadikan contoh atau teladan.