BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Bagaimana Posisi Shaf Anak Kecil Saat Sholat Berjamaah (Ustadz Abdul Somad)

Bagaimana Posisi Shaf Anak Kecil Saat Sholat Berjamaah (Ustadz Abdul Somad)

shaf anak dalam sholat ustad abdul somad

Berikut ini tulisan dari Ustad Abdul Somad, Lc, Ma terkait posisi shaf anak kecil saat sholat berjamaah.

Dari Anak Bin Malik, ia berkata : “Saya shalat bersama seorang anak yatim di rumah kami, kami di belakang Rasulullah Saw, ibu saya Ummu Sulaim di belakang kami”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Komentar al-Hafizh Ibnu Hajar tentang pelajaran yang dapat diambil dari hadits ini : anak kecil bersama lelaki baligh berada satu shaf. Perempuan berada di belakang shaf laki-laku. Perempuan berdiri satu shaf sendirian, jika tidak ada perempuan lain bersamanya (al-hafizh ibnu hajar al-asqalani, fath al bari : 2/91)

Sebaiknya shaaf anak-anak diposisikan di belakang shaf lelaki yang telah baligh, akan tetapi jika dikhawatirkan mereka mengganggu orang yang shalat atau shaf lelaki baligh tidak sempurna, maka anak anak itu satu shaf dengan shaf lelaki baligh, itu tidak memutuskan shaf jika mereka telah mumayyiz dan suci, kemungkinan mereka tidak suci sangat jauh, imam mesti mengingatkan anak-anak tentang kesucian, shalat dan adab yang mesti dijaga di dalam masjid. (fatwa asy syabakah al islamiyyah 5/5423). wallahu a’lam

Artikel ini dikutip dari buku 99 tanya jawab seputar shalat H. Abdul Somad, Lc. MA, masih banyak lagi tulisan terkait 99 tanya jawab seputar shalat yang akan kami posting di website ini.

Rekening Donasi