BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Amal Jariyah, Investasi Akhirat Terbaik

Amal Jariyah, Investasi Akhirat Terbaik

amal jariyah

Salah satu hal yang sangat didambakan oleh sahabat Nabi terdahulu adalah memiliki pahala amal jariyah yang tidak terputus sampai kapanpun. Tentu saja, sebagai umat Islam kita pun pasti menginginkan hal tersebut. Walaupun sudah tiada di dunia, tapi pahala dari amalan kita masih mengalir.

Hal ini, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini,

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

Jika salah satu dari ketiga hal tersebut kita amalkan, tentu Allah SWT akan membalas dengan pahala yang terus mengalir tanpa terputus. Tentunya harus dengan niat yang lurus dan ikhlas saat menjalankannya. Fokus kepada tujuan akhirat bukan pada dunia semata.

Dari hadits yang dijelaskan di atas, kita mengetahui bahwa pahala jariyah sangat layak untuk kita kejar bahkan sudah seharusnya kita perjuangkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk mengkongkritkan seperti apakah amal jariah yang bisa kita amalkan dalam hidup sehari-hari berikut 5 hal yang bisa kita lakukan.

1. Bentuk Mudah dari Amal Jariyah adalah Menyampaikan dan Mengajarkan Ilmu yang Bermanfaat

2. Mendidik Anak-Anak dan Keluarga yang Shalih
3. Sedekah Jariyah dalam Bentuk Barang 
4. Membangun Fasilitas Umum dengan Rezeki yang Halal 
5. Salah Satu Amal Jariyah adalah Berwakaf Tunai dengan Harta yang Dimiliki 

Yuk, kejar kebaikan amal jariyahmu dengan berwakaf di Yayasan Insan Madani Jambi dengan Ketulusan hatimu untuk membuat para penerima manfaat berani bermimpi besar (NA)

Mudah tapi sulit dilaksanakan?