BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Peran media sosial sebagai sarana penyebar dakwah

Peran media sosial sebagai sarana penyebar dakwah

peran media sosial

Sekarang ini media sosial memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana penyebar dakwah di era digital karna dengan ini para pendakwah bisa memiliki followers yang banyak dan bisa dikenal oleh banyak orang bahkan sampai di luar negeri.

Para pendakwah atau da’i bisa memanfaatkan media sosial dengan baik karna berdakwah itu tidak hanya di mimbar atau ditempat umum tetapi juga bisa berdakwah di media online, oleh karna itu para pendakwah bisa membuat konten-konten video dakwah dan akan disebarluaskan media media sosial baik di youtube, instagram, facebook, whatsapp, telegram dan masih banyak lainya.

Itu karna, pengguna medsos atau khalayak bisa menonton konten-konten video tentang dakwah yang dibagikan tadi untuk mengisi waktu kosong mereka dengan hal yang bermanfaat dan nantinya akan di share ke orang-orang sekitarnya.

Dalam surah An-nahl ayat 125 yang artinya :

“ serulah (manusia) kepada jalan tuhanmu dengan hikmah yang baik dan pelajaran yang baik dan bantulah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapatkan petunjuk.”

Adapun peluang dalam berdakwah di media online yaitu:

– Masyarakat lebih cepat mengakses pesan-pesan dakwah yang disampaikan dalam media sosial.

– Dengan media masyarakat mampu memilih seorang da’i atau ustadz yang disukainya dan bisa melihat dakwahnya kapan dan dimana saja sesuai keinginannya.

 Adapun tantangan dalam berdakwah di media online yaitu:

-Masyarakat pedalaman yang wilayahnya tidak sampai jaringan maka otomatis dakwah secara media ini tidaklah sampai kepadanya.

– Secara adab pastikanlah keberkahannya kurang karna tidak langsung bertatapan pada siapa yang menyampaikan dakwah.

Baca Juga : bacaan taawudz dan manfaatnya