BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

tadarus al-qur'an

Sebagai seorang muslim, tadarus Al-Qur’an adalah sebagai perintah dan juga kebutuhan. Apalagi di bulan suci Ramadan. Di mana kegiatan tadarus bisa dilaksanakan oleh satu orang, dua orang ataupun lebih.

Sedangkan fungsi Al-Qur’an bagi umat muslim yakni dapat sebagai pedoman dan petunjuk kehidupan manusia. Akan tetapi hal ini sering kali terlewat dan berhenti membacanya di satu waktu.

Berikut ada 5 keutamaan yang bisa didapatkan jika melakukan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan :

1. Pahala dilipat gandakan sepuluh kali lipat

Tentu seseorang yang membaca Al-Qur’an akan dihitung pahala dari setiap hurufnya. Apabila kamu melakukan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan, maka akan dilipat gandakan pahalanya sepuluh kebaikan.

2. Mendekatkan diri kepada Allah AlQur’an

Selain itu, membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadan juga membuat seseorang semakin mendekatkan diri kepada Al-Quran dan Islam. Kesempatan mendekatkan diri ini tentu saja tidak selalu didapatkan saat hari-hari biasa.

3. Pikiran menjadi lebih positif

Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi menahan emosi selama berpuasa. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Namun dengan membaca Al-Qur’an, hal tersebut dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis seseorang.

4. Hati jiwa menjadi lebih tenang

Selain itu, melakukan tadarus Al-Qur’an juga memberi kehidupan pada jiwa, akal dan jasadnya. Jadi dengan rutin tadarus alquran di bulan Ramadan, maka bisa memiliki ketenangan dan ketentraman hati maupun jiwa.

5. Waktu jadi lebih produktif

Bulan Ramadan berarti kesempatan kamu menggunakan waktu untuk hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat. Dengan tadarus Al-Qur’an sehabis salat, nyatanya lebih berguna dibandingkan tidur. (NA)