BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Membaca Al- Qur’an di bulan Ramadhan

Membaca Al- Qur’an di bulan Ramadhan

membaca alquran

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi pedoman hidup yang dapat memberikan dampak yang mendalam bagi kehidupan seorang muslim.

Di bulan Ramadhan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh kepada kita semuanya dan memerintahkan kepada kita semuanya untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu dalam Bukhari dan Muslim, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ

“Seorang yang mahir dalam membaca AlQur’an maka bersama dengan malaikat yang sangat mulia dan sangat baik.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saudara-saudara yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, dua pahala yang didapatkan orang yang membaca Al-Quran dibarengi dengan kesulitan, susah payah didalam membacanya, itu adalah pahala karena dia mau membacanya dan yang kedua adalah pahala karena merasakan sulitnya membaca Al-Qur’an.

Akan tetapi Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan penghargaan kepada orang yang mau membaca AlQur’an walaupun merasa berat, merasa sulit, ketika membaca Al-Qur’an.

Saudara-saudara yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, terlebih lagi kita sedang berada di bulan Ramadhan. Dimana AlQuran diturunkan di bulan Ramadhan, di malam Lailatul Qadar. Dan itu ada pada bulan Ramadhan. Sehingga Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh kepada kita, beliau bersemangat dalam membaca Al-Qur’an

إنما هو تلاوة القرآن وإطعام الطعام

“Sesungguhnya bulan Ramadhan adalah bulan untuk membaca Al-Qur’an dan bulan untuk memberikan makanan dan bersedekah.” (NA)