BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Manfaat Qurban

Manfaat Qurban

qurban insan madani

Kata Qurban berasal dari Bahasa Arab, yakni Qariba yang berarti dekat atau mendekatkan. Sementara secara harfiah, kurban memiliki arti hewan sembelihan.

Ibadah berkurban adalah satu di antara ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi mereka yang mampu, berkurban tak hanya menjadi momen berbagi, namun dengan berkurban, Anda telah membersihkan harta dari yang bukan hak Anda sekaligus menyucikan jiwa dari penyakit hati, seperti pelit dan dengki.

Hewan yang dapat dikurbankan ialah kambing, domba, sapi, dan unta dengan maksud mendekatkan diri melaksanakan perintah dari Allah SWT seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

Menyembelih hewan qurban hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan ternak, jangan sampai memaksakan diri. Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.”

Tak sekadar merayakan Idul adha, lebih dari itu, berkurban memberikan manfaat yang tidak ditemukan pada jenis ibadah lainnya.

Ada yang tau apa saja manfaat dari berkurban ?

Baik di sini akan di jelaskan ada beberapa manfaat Kurban yaitu, menambah rasa syukur kepada Allah SWT, ciri seorang Muslim, memupuk  rasa peduli sesama, bekal di hari akhir, mendapatkan ampunan, mensucikan harta dan jiwa, mendapatkan kemudahan dihari akhir, mempererat silaturahmi, hidup menjadi lebih berkah, dan meneladani Nabi Ibrahim AS.