BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Manfaat Zakat Bagi Umat Islam

Manfaat Zakat Bagi Umat Islam

Manfaat zakat

Ada berbagai manfaat zakat ketika seorang muslim mengeluarkan zakat, beberapanya antara lain:

1. Membersihkan Hati dan Diri

Manfaat membayar zakat yang pertama adalah mampu membersihkan hati dan diri. Ketika seseorang berzakat, maka ia telah masuk ke dalam kelompok orang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok orang-orang kikir. Jika seseorang sudah terbiasa memberi baik materi ataupun kebaikan lain, maka dirinya akan merasa lebih lengkap ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain.

2. Meningkatkan Kedekatan dengan Allah SWT

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT. Semakin banyak memberi, maka akan semakin banyak pula nikmat yang Allah berikan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Dua malaikat turun setiap pagi. Yang satu berkata: ‘Ya Allah, berikan orang yang mengeluarkan sesuatu, sebagai ganti dari apa yang ia keluarkan. Dan yang lainnya berkata:‘ Ya Allah, berikan penghancuran kepada orang-orang yang kikir.” (Hadist Riwayat: Al-Bukhari)

3. Menenangkan Hati

Berzakat dapat melatih umat Muslim untuk ikhlas dalam memberi. Ketika zakat dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan maka ia akan melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan pada orang lain.

4. Menghilangkan Dendam

Manfaat zakat juga dapat menghapus dendam, dan perasaan sakit hati dari orang-orang tak mampu. Perbedaan nasib dan takdir kerap kali menciptakan rasa iri hati terhadap orang yang berlebihan harta. Dengan mengeluarkan zakat, itu menghilangkan dendam dan membuat orang yang kurang mampu merasa tetap diperhatikan. 

5. Menyempurnakan Iman

Zakat memiliki manfaat menyempurnakan iman. Berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

Rasulullah SAW bersabda, ” Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13)

6. Menghapus Dosa

Manfaat selanjutnya adalah mampu menghapus dosa. Ketika seseorang melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan pahala dan mengurangi dosa bahkan menghapusnya. Rasulullah SAW bersabda, ” Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaai).

7. Jaga Keseimbangan

Manfaat zakat akan membantu menjaga keseimbangan antara si miskin dan si kaya. Ketika seluruh masyarakat memanfaatkan ini, konflik kelas dapat dikurangi untuk menjaga keseimbangan.

8. Membersihkan Harta

Membayar zakat akan membersihkan harta umat islam dan memberikan hak-hak nya pada yang membutuhkan.

9. Dilipatgandakannya Rezeki

Dengan mengeluarkan zakat, seseorang diyakini akan mendapatkan rezeki lebih. Zakat berarti pertumbuhan. Jadi ketika kamu memberikan zakat, maka penghasilan kamu akan meningkat.

10. Membantu Orang Lain

Manfaat zakat yang terakhir adalah bisa membantu orang lain yang membutuhkan. Sehingga mereka bisa merasakan rezeki yang juga kita dapatkan.  (LA)

BACA JUGA : Telah Mencapai Nishab dan Haul, Tunaikanlah Zakat