BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > BANGUN SAFE SCHOOL DAN RUANG RAMAH OKSIGEN

BANGUN SAFE SCHOOL DAN RUANG RAMAH OKSIGEN

safe school ruang ramah oksigen

Sejak Agustus lalu Kota Jambi mulai diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan di beberapa wilayah di Provinsi Jambi. Hal ini menyebabkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Jambi meningkat tajam. Bahkan di bulan September ini ISPU Kota Jambi beberapa kali melebihi angka 1000 yang berarti tingkat kualitas udara berbahaya.

Karena buruknya kualitas udara Kota Jambi beberapa kali Pemerintah Kota memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah tingkat TK hingga SD, bahkan pernah hingga tingkat Perguruan Tinggi diliburkan karena kondisi udara sangat berbahaya.

Kondisi seperti ini menggerakkan kami untuk mendirikan Sekolah Aman Asap (safe school) dan Ruang Ramah Oksigen untuk sekolah dan masyarakat yang terpapar bahaya asap.

Membuat sekolah aman asap tidaklah sulit, tujuannya adalah bagaimana agar asap tidak masuk ke dalam ruangan, dan udara dalam ruangan tetap bersih dan tersedia oksigen yang baik.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan telah mendesain ruangan kelas bebas asap dengan kondisi ventilasi udara tertutup oleh busa dakron agar asap tersaring di busa dakron, didalam kelas di taruh tanaman yang dapat menetralisir udara menjadi lebih baik, untuk pencegahan lainnya juga seluruh jendela di tutup dengan tirai. Diperlukan juga kipas angin dan akuarium berisi air agar kondisi ruangan tetap segar.

Insan Madani bersama Dompet Dhuafa telah mencoba membuat sekolah aman asap untuk di Paud Insan Madani Jambi agar anak anak aman saat belajar di dalam ruangan, dan membuat ruang ramah oksigen di Kawasan Terpadu Insan Madani yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan udara bersih dan bantuan oksigen.

Semoga kabut asap segera berakhir sehingga masyarakat bisa mendapatkan kualitas udara yang bersih dan sehat.