BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Bacaan Taawudz dan Manfaatnya

Bacaan Taawudz dan Manfaatnya

bacaan taawudz dan manfaatnya

Bacaan Taawudz biasanya dilafazkan ketika hendak membaca Alquran atau berdzikir. Taawudz sendiri adalah doa untuk memohon perlindungan kepada Allah Azza wa Jalla dari gangguan setan.

Perintah membaca taawudz ini tercantum dalam Alquran surat An Nahl ayat 98 yang artinya:”Apabila kamu membaca Alquran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS An Nahl: 98).

Lafaz Ta’awudz (أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ): A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim. Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Ta’ala dari goadaan setan yang terkutuk”.

Lantas kapan seorang Muslim harus membaca taawudz?

Taawudz dapat dibaca kapan saja. Namun Anda dapat meminta perlindungan dari setan ketika melakukan beberapa hal berikut ini:

Ketika hendak membaca Alquran

Seperti yang telah disebutkan, umat Muslim dianjurkan untuk membaca taawudz saat hendak membaca Alquran. Menurut Ibnu Katsir, taawudz berguna untuk membersihkan mulut dari ucapan sia-sia dan kotor. Dengan kata lain, taawudz merupakan persiapan mulut untuk membaca Kalam Ilahi.

Ketika sholat

Menurut mazhab Hanafi, membaca taawudz adalah sunnah pada rakaat pertama setalah membaca takbiratul ihram dan doa iftitah. Pendapat ini sama dengan mazhab Hanbali. Sedangkan pada mazhab Syafi’i, membaca taawudz adalah sunah pada setiap rakaat.

Dalam kehidupan sehari-hari

Meminta perlindungan Allah SWT adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan, sebab manusia adalah makhluk yang lemah. Oleh sebab itu membaca taawudz tidak terbatas waktu. Ini sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

“Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku”. (QS. Al Mukminun: 97-98)

Menghilangkan Amarah

Dari Sulaiman bin Shurd radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku pernah duduk di samping Nabi saat dua orang lelaki tengah saling caci. Salah seorang dari mereka telah memerah wajahnya dan urat lehernya tegang.”

Beliau (Rasulullah SAW) bersabda, “Aku benar-benar mengetahui perkataan yang bila diucapkannya, niscaya akan lenyap apa (emosi) yang ia alami. Andai ia mengatakan, “A’uudzubillaahi minasy-syaithaanir-rajim” pastilah akan lenyap emosi yang ada padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Melindungi Diri dari Kejahatan

Setan dapat menjerumuskan manusia dalam kejahatan. Dengan membaca taawudz, seseorang dapat melindungi dirinya dari hal-hal yang membahayakan tersebut. Ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Araaf ayat 200 yang berbunyi:

“Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Baca juga : Alfatihah dan sebutannya