BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Yayasan > Belajar Al-Qur’an Bersama Wali Murid RA Insan Madani

Belajar Al-Qur’an Bersama Wali Murid RA Insan Madani

Belajar Al-Qur'an Bersama Wali Murid RA Insan Madani

Kali ini RA insan Madani mengajak wali murid untuk belajar bacaan Al-Qur’an yang di bimbing langsung oleh ibu Ani. Tahsin adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Hal ini juga umumnya digunakan sebagai nama yang diberikan untuk anak-anak laki-laki di dunia Arab dan Islam. Tahsin yaitu mempelajari Al-quran dengan sesuai aturannya.
Membaca Alquran harus secara tahsin. Istilah tahsin diartikan sebagai melafalkan setiap huruf dari tempat keluarnya masing-masing sesuai haq dan mustahaqnya. Secara singkat orang lebih mengenal tahsin dengan istilah tajwid atau membaguskan dan memperbaiki bacaan, untuk itu diperlukannya tahsin Al-Qur’an, karena dalam kegiatannya, bacaan kita akan diperdengarkan kepada guru atau pengajar kita. Sehingga bacaan kita InsyaAllah terhindar dari kesalahan-kesalahan.
Bahwa ketika kita membaca Al-Qur’an tanpa ilmu tajwid, maka bisa jadi kita jatuh pada sebuah kesalahan fatal; mengubah firman Allah subhanahu wa ta’ala tanpa kita sadari. Misalkan; ketika kita membaca surat Al-ikhlash. Kita membaca qul dengan kul, sungguh kita telah benar-benar merusak artinya.
Tahsin dalam islam mengandung makna bahwa tuntutan agar dalam membaca al-quran harus benar dan tepat sesuai dengan contohnya demi terjaganya orisinalitas praktik tilawah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.Penting bagi mereka dimasa yang akan datang, karena mengaji Al-qur’an adalah sebuah ibadah dimana jika melakukannya mendapatkan pahala. Al-qur’an adalah pedoman hidup umat Islma maka dari itu kita harus mempelajarinya dan memahami isinya.setelah selai mengaji seluruh murid akan dimasukkan dengan bel yang berbunyi.
Pembelajaran tahsin merupakan kegiatan belajar mengajar yang di dalamnya membahas tentang bagaimana membaguskan dan mengindahkan bacaan Al-Qur’an. secara perlahan mereka akan mendapatkan ilmu yang berkitan dengan baca Al-Qur’an.

Baca Juga : SMA gratis yatim/dhuafa dengan mutu pendidikan yang terjamin